Blog ini Berisikan Tentang Artikel Seni ( Seni Rupa : Seni Lukis, Seni Patung, DKV yaitu Desain Komunikasi Visual, Karya Photograpy. Seni Kriya : Kriya Kayu, Kriya Logam, Kriya Keramik, Kriya Tekstil, Kriya kulit. Seni Pertunjukkan : Seni Musik, Seni Teater, Seni Karawitan dll. ) dan Karya Seni yang berapa karya lukis, karya patung, karya grafis, photo, karya kriya,tekstil,keramik,logam dan kulit dll.

Jumat, 24 Januari 2014

Warna Dasar dalam Seni Rupa

Warna Dasar dalam Seni Rupa


Warna primer menurut teori warna pigmen dari Brewster adalah warna-warna dasar. Warna-warna lain dibentuk dari kombinasi warna-warna primer. Pada awalnya, manusia mengira bahwa warna primer tersusun atas warna Merah, Kuning, dan Hijau. Namun dalam penelitian lebih lanjut, dikatakan tiga warna primer yaitu:

1. Merah seperti darah
2. Kuning seperti kuning telur
3. Biru seperti langit atau laut

Ketiga warna itulah yang akhirnya disebut sebagai warna primer yang kemudian digunakan dalam dunia seni rupa. Hasil campuran antara warna primer akan menghasilkan warna sekunder. Pencampuran antara warna merah dan kuning hasilnya adalah warna oranye, kuning dengan biru maka hasilnya yaitu warna hijau, dan biru dengan merah akan menghasilkan warna ungu. Warna oranye, hijau dan ungu itulah yang disebut dengan warna sekunder. Selanjutnya, bila warna sekunder dicampur dengan warna primer maka warna yang dihasilkan adalah warna tersier.

Yang termasuk di dalam warna primer additif yaitu merah, hijau dan biru. Campuran warna merah dan hijau, menghasilkan warna kuning atau oranye. Campuran hijau dan biru menghasilkan nuansa biru kehijau-hijauan, sedangkan campuran merah dan biru menghasilkan nuansa ungu. Campuran dengan proporsi seimbang dari warna additif primer menghasilkan nuansa warna kelabu. Jika ketiga warna ini disatu penuh, maka hasilnya adalah warna putih. Ruang warna/model warna yang dihasilkan disebut dengan RGB (red, green, blue/merah, hijau, biru).

Merah, Kuning, Biru / RYB (red, yellow, blue) merupakan bagian dari warna primer subtraktif. Khususnya digunakan dalam seni lukis. Warna RYB membentuk warna primer dalam sebuah lingkaran warna standar, juga warna sekunder seperti violet, orange/jingga dan hijau. Triad warna tersusun dari 3 warna yang berjarak sama dalam sebuah lingkaran warna.

Campuran kuning dan biru kehijau-hijauan menghasilkan warna hijau, campuran kuning dengan ungu kemerah-merahan menghasilkan warna merah, sedangkan campuran ungu kemerah-merahan dengan biru kehijau-hijauan menghasilkan warna biru. Dalam teori, campuran tiga pigmen ini dalam ukuran yang seimbang akan menghasilkan warna kelabu, dan akan menjadi hitam jika ketiganya dicampur secara penuh. Namun, jika dipraktekkan hasilnya cenderung menjadi warna kotor kecoklatan. Oleh karena itu, seringkali dipakai warna keempat, yaitu hitam, sebagai tambahan dari biru kehijau-hijauan, ungu kemerah-merahan, dan kuning. Ruang warna yang dihasilkan kemudian disebut dengan CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black).


Unsur-Unsur dan Prinsip Dasar Seni Rupa

Unsur-Unsur dan Prinsip Dasar Seni Rupa

Membahas dan mengapresiasi sebuah karya seni atau seni rupa tak lepas dari dua hal penting, yaitu unsur seni rupa dan prinsip dasar seni rupa. Dalam uraian berikut akan disajikan secara singkat apa itu unsur-unsur seni rupa dan prinsip dasar seni rupa.


A.  Unsur-unsur Seni Rupa

Unsur-unsur dasar karya seni rupa adalah unsur-unsur yang digunakan untuk mewujudkan sebuah karya seni rupa. Unsur-unsur ini diantaranya antara lain adalah titik, garis, bidang, bentuk, ruang, warna, tekstur, dan gelap terang.

1.    Titik

Titik adalah unsur seni rupa yang paling dasar. Titik dapat melahirkan suatu wujud dari ide-ide atau gagasan yang kemudian akan melahirkan garis, bentuk, atau bidang. Teknik lukisan yang menggunakan kombinasi berbagai variasi ukuran dan warna titik dikenal dengan sebutan Pointilisme.

2.  Garis

Menurut jenisnya, garis dapat dibedakan menjadi garis lurus, lengkung, panjang, pendek, horizontal, vertikal, diagonal, berombak, putus-putus, patah-patah, spiral dan Iain-Iain. Kesan yang ditimbulkan dari macam-macam garis dapat berbeda-beda, misalnya garis lurus berkesan tegak dan keras, garis lengkung berkesan lembut dan lentur, garis patah-patah berkesan kaku, dan garis spiral berkesan lentur.
Sedangkan menurut wujudnya garis dapat dibedakan menjadi:
a.    Garis nyata, merupakan garis yang dihasilkan dari coretan atau goresan lengkung.
b.    Garis semu, merupakan garis yang muncul karena adanya kesan balans pada bidang, warna atau ruang.

3.   Bidang

Bidang merupakan pengembangan garis yang membatasi suatu bentuk sehingga membentuk bidang yang melingkupi dari beberapa sisi. Bidang mempunyai sisi panjang dan lebar, serta memiliki ukuran.

4.   Bentuk

Bentuk juga dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu:
a.    Bentuk geometris
Bentuk geometris merupakan bentuk yang terdapat pada ilmu ukur meliputi:
1.    Bentuk kubistis, contohnya kubus dan balok.
2.    Bentuk silindris, contohnya tabung, kerucut, dan bola.
b.    Bentuk nongeometris
Bentuk nongeometris berupa bentuk yang meniru bentuk alam, misalnya manusia, tumbuhan, dan hewan.

5.   Ruang

Ruang dapat digolongkan menjadi dua, yaitu: Ruang dalam bentuk nyata, misalnya ruangan pada kamar, ruangan pada patung. Ruang dalam bentuk khayalan (ilusi), misalnya ruangan yang terkesan dari sebuah lukisan.

6.    Warna

Kesan yang timbul oleh pantulan cahaya pada mata disebut warna. Warna dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu:

a.    Warna pokok atau primer, yaitu warna yang tidak berasal dari warna apapun, meliputi warna merah,
kuning, dan biru.

b.    Warna sekunder merupakan campuran dari warna primer.

Contoh:
merah + kuning : jingga
biru + kuning     : hijau
merah + biru      : ungu

c.    Warna tertier merupakan hasil campuran antara warna primer dan warna sekunder.

Contoh:
kuning + hijau    : kuning kehijau-hijauan
biru + ungu        : ungu kebiruan
jingga + merah   : jingga kemerahan
Selain jenis-jenis warna di atas terdapat pula warna netral, yaitu warna putih dan hitam.

7.   Tekstur

Tekstur adalah sifat dan keadaan suatu permukaan bidang atau permukaan benda pada sebuah karya seni rupa. Setiap benda mempunyai sifat permukaan yang berbeda. Tekstur dibedakan menjadi tekstur nyata dan tekstur semu.Tekstur nyata adalah nilai raba yang sama antara penglihatan dan rabaan. Sedangkan tekstur semu adalah kesan yang berbeda antara penglihatan dan perabaan.

8.   Gelap Terang

Suatu objek bisa memiliki intensitas cahaya yang berbeda pada setiap bagiannya. Demikian pula pada karya seni rupa. Seperti lukisan pemandangan alam. Adanya perbedaan intensitas cahaya akan menimbulkan kesan mendalam. Amati gambar di bawah ini.


B. Prinsip-prinsip Seni Rupa

Terdapat beberapa prinsip dalam menyusun komposisi suatu bentuk karya seni rupa, yaitu:

1.    Kesatuan (unity)
Kesatuan adalah pertautan bagian-bagian dalam sebuah karya seni rupa. Kesatuan merupakan prinsip yang utama di mana unsur-unsur seni rupa saling menunjang satu sama lain dalam membentuk komposisi yang bagus dan serasi. Untuk menyusun satu kesatuan setiap unsur tidak harus sama dan seragam, tetapi unsur-unsur dapat berbeda atau bervariasi sehingga menjadi susunan yang memiliki kesatuan.
2.    Keselarasan (harmony)
Keselarasan adalah hubungan kedekatan unsur-unsur yang berbeda baik bentuk maupun warna untuk menciptakan keselarasan.
3.   Penekanan (kontras)
Penekanan adalah kesan yang diperoleh karena adanya dua unsur yang berlawanan.Perbedaan  yang mencolok pada warna, bentuk, dan ukuran akan memberikan kesan yang tidak monoton.
4   Irama (rhytm)
Irama adalah pengulangan satu atau beberapa unsur secara teratur dan terus-menerus. Susunan atau perulangan dari unsur-unsur rupa yang diatur, berupa susunan garis, susunan bentuk atau susunan variasi warna. Perulangan unsur yang bentuk dan peletakannya sama akan terasa statis, sedangkan susunan yang diletakkan bervariasi pada ukuran, warna, tekstur, dan jarak akan mendapatkan susunan dengan irama yang harmonis.
5.  Gradasi
Gradasi adalah penyusunan warna berdasar kantingkat perpaduan berbagai warna secara berangsur-angsur.
6.  Proporsi
Proporsi atau kesebandingan yaitu membandingkan bagian-bagian satu dengan bagian lainnya secara
keseluruhan. Misalnya membandingkan ukuran tubuh dengan kepala, ukuran objek dengan ukuran latar, dan kesesuaian ukuran objek satu dengan objek lainnya yang dekat maupun yang jauh letaknya.
7.  Keserasian
Keserasian merupakan prinsip yang digunakan untuk menyatukan unsur-unsur rupa walaupun
berasal dari berbagai bentuk yang berbeda. Tujuan keserasian adalah menciptakan keselarasan dan
keharmonisan dari unsur-unsur yang berbeda.
8.  Komposisi
Komposisi adalah menyusun unsur-unsur rupa dengan mengorganisasikannya menjadi susunan yang bagus, teratur, dan serasi.
9.    Keseimbangan (balance)
Keseimbangan adalah kesan yang didapat dari suatu susunan yang diatur sedemikian rupa sehingga terdapat daya tarik yang sama pada tiap-tiap sisi susunan.
10.    Aksentuasi
Aksentuasi adalah unsur yang sangat menonjol atau berbeda dengan unsur-unsur yang ada di sekitamya.



Kamis, 23 Januari 2014

Albert Oehlen. Pameran Pertama Oehlen Dengan Galeri Seniman dan Pelukis Asal Jerman

Albert Oehlen.  Pameran Pertama Oehlen Dengan Galeri.

AlbertOehlen

Untuk Oehlen, praktek lukisan adalah subjek dalam dirinya sendiri. Prinsip-prinsip metode nya adalah ketidakpastian dan eklektisisme sementara alat-alatnya adalah kuas, jari, kolase, dan komputer, semua memegang dengan mudah sama. Dia memperlakukan abstraksi sebagai sikap atau geometri, dilapiskan, dalam kombinasi, atau digabungkan dengan mendaftar figuratif, seperti dalam sebuah poster film yang readymade tertutup noda dan noda, bentuk bergambar adalah pemicu bukan tujuan itu sendiri. Palet gelisah Nya dapat intens, tenang, masam atau dikurangi menjadi abu-abu.
 
Sering Oehlen dimulai dengan memberlakukan seperangkat aturan atau pembatasan struktural. Dalam beberapa lukisan, pemandangan mengintai di patch berantakan cat, penglihatan sekilas yang terprovokasi dan dengan cepat ditinggalkan. Collage adalah baik membangun konseptual dan formal, dari heterogen menggabungkan elemen untuk tanda-tanda rusak atau robek dan iklan majalah yang membentuk dasar lukisannya dan akhirnya menyatu dengan permukaan dicat, terdiri dari tampaknya resmi gerakan-gesekan dan penghapus, canggung menggambar, dan kartun mentah sesekali. Tidak coheres dengan cara yang dapat dikatakan memiliki dimensi narasi substantif atau keterbacaan bergambar, kecuali untuk berhenti terlihat dan mulai yang prod batas konten.


Dalam karya terbaru Oehlen itu, datar, cut-out-figuratif semua produk komputer-aided design (CAD)-dan stroke gestural tempat perdagangan minyak cat dalam pelayanan kolase. Seputar krisis yang nyata yang melekat dalam CAD, tarikan kolase yang dihasilkan pada perbedaan antara buatan manusia dan mesin buatan, representasional dan non-representasional, abstrak dan figuratif, misalnya di Vulkan (2009), dan F ( 2009) di mana terang, datar, warna-diblokir iklan yang terganggu oleh sapuan kuas visceral. Di negara lain, terbuka-berakhir, "belum selesai" dialog antara oposisi biner yang meresahkan belum menarik: dalam setiap pekerjaan satu, cat, gambar dan teks collaged, dan patch dari kanvas putih masing-masing menempati ruang mereka sendiri, seperti kekacauan meja kerja tanpa pusat, seperti FM 53 (2008-11) dan FM 55 (2008-11).


Albert Oehlen lahir pada tahun 1954 di Krefeld, Jerman dan belajar di Hochschule für Kunst Bildende. Dari 2000-09 ia adalah seorang profesor lukisan di Kunstakademie, Düsseldorf. Pameran tunggal baru termasuk Musée d'Art Moderne et Contemporain de Strasbourg (2002), "Saya tahu siapa Anda menunjukkan musim panas lalu," Museum of Contemporary Art, Miami (2005); "realite abstraite," Musée d'art moderne de la ville de Paris (2009); "Albert Oehlen-Werke aus der Sammlung," Räume für Kunst (2010), dan Carré d'Art-Musée d'art contemporain de Nimes (2011).



Albert Oehlen
 Campur media di atas kanvas

Oehlen re-contextualises lukisan sebagai bidang diperluas. Karya-karyanya yang terbaru sering diproduksi melalui komputer yang dihasilkan desain, menggabungkan elemen collaged pencetakan fotografi dan ink-jet sebagai sarana untuk mengeksplorasi wilayah baru representasi dan penerimaan. DJ Techno menggabungkan lambang pop dengan Kandinsky seperti ekspresionisme untuk membuat gambar dengan efek synaesthetic, mengacu pada sensasi selain visual.

Albert Oehlen lahir di Krefeld, Jerman pada tahun 1954. Dia menghadiri Hochschule für Bildende Kunste di Hamburg, di mana dia belajar dibawah Sigmar Polke sampai 1981. Selama tahap awal karirnya, kepentingan artistik Oehlen dan asosiasi yang beragam, dan termasuk musik dan lukisan. Selama tahun 1980-an ia mulai menggabungkan unsur-unsur abstrak dan figuratif lukisan dalam karya-karyanya, sebagai bagian dari reaksi terhadap estetika Neo-ekspresionis yang berlaku dari waktu. Dia membentuk sebuah persahabatan dekat dengan seniman Jerman Martin Kippenberger, dan menjelang akhir dekade ia telah mendedikasikan dirinya sepenuhnya untuk lukisan abstrak. Pada awal dekade yang lalu, Oehlen mendirikan sebuah studio di menara dari tembok kota Segovia, di mana ia mulai bekerja pada gambar yang dihasilkan komputer. Karya Oehlen yang spasial menarik, di mana figurasi dan abstraksi bertabrakan, adalah pengingat yang kuat dari kekuatan kompleks yang terlibat dalam kebangkitan lukisan di bagian akhir dari abad sebelumnya.



Albert Oehlen telah dipamerkan secara luas di seluruh Amerika Serikat dan Eropa. Pameran tunggal baru-baru ini karyanya telah ditahan di lembaga-lembaga seperti Museo di Capodimonte di Naples, Italia dan d Musee 'Art Moderne de la Ville de Paris pada tahun 2009. Dia juga berpartisipasi dalam pameran di lembaga-lembaga besar seperti Musee Cantonal Des Beaux Arts di Lausanne, Society Renaissance di Chicago dan di Kunsthalle di Basel. Menunjukkan Oehlen ini di Moca Miami pada tahun 2005 menandai solo pertama pameran besar di sebuah museum di Amerika Serikat. Pada tahun 2009 diterbitkan monografi Taschen seorang seniman kebesaran sebagai bagian dari seri XL, yang meliputi seluruh lingkup oeuvre Oehlen itu. Albert Oehlen tinggal dan bekerja di Swiss.

Pameran Lukisan Albert Oehlen Perdana di Gallery Seniman asal Jerman














Lukisan Albert Oehlen 

Oehlen re-contextualises lukisan sebagai bidang diperluas. Karya-karyanya yang terbaru sering diproduksi melalui komputer yang dihasilkan desain, menggabungkan elemen collaged pencetakan fotografi dan ink-jet sebagai sarana untuk mengeksplorasi wilayah baru representasi dan penerimaan. DJ Techno menggabungkan lambang pop dengan Kandinsky seperti ekspresionisme untuk membuat gambar dengan efek synaesthetic, mengacu pada sensasi selain visual.

Albert Oehlen lahir di Krefeld, Jerman pada tahun 1954. Dia menghadiri Hochschule für Bildende Kunste di Hamburg, di mana dia belajar dibawah Sigmar Polke sampai 1981. Selama tahap awal karirnya, kepentingan artistik Oehlen dan asosiasi yang beragam, dan termasuk musik dan lukisan. Selama tahun 1980-an ia mulai menggabungkan unsur-unsur abstrak dan figuratif lukisan dalam karya-karyanya, sebagai bagian dari reaksi terhadap estetika Neo-ekspresionis yang berlaku dari waktu. Dia membentuk sebuah persahabatan dekat dengan seniman Jerman Martin Kippenberger, dan menjelang akhir dekade ia telah mendedikasikan dirinya sepenuhnya untuk lukisan abstrak. Pada awal dekade yang lalu, Oehlen mendirikan sebuah studio di menara dari tembok kota Segovia, di mana ia mulai bekerja pada gambar yang dihasilkan komputer. Karya Oehlen yang spasial menarik, di mana figurasi dan abstraksi bertabrakan, adalah pengingat yang kuat dari kekuatan kompleks yang terlibat dalam kebangkitan lukisan di bagian akhir dari abad sebelumnya

Karya Lukis albert Oehlen Media Kanvas Seniman Barat asal Jerman


m







Sekilas Tentang Karya LukisAlbert Oehlen

Oehlen re-contextualises lukisan sebagai bidang diperluas. Karya-karyanya yang terbaru sering diproduksi melalui komputer yang dihasilkan desain, menggabungkan elemen collaged pencetakan fotografi dan ink-jet sebagai sarana untuk mengeksplorasi wilayah baru representasi dan penerimaan. DJ Techno menggabungkan lambang pop dengan Kandinsky seperti ekspresionisme untuk membuat gambar dengan efek synaesthetic, mengacu pada sensasi selain visual.

Albert Oehlen lahir di Krefeld, Jerman pada tahun 1954. Dia menghadiri Hochschule für Bildende Kunste di Hamburg, di mana dia belajar dibawah Sigmar Polke sampai 1981. Selama tahap awal karirnya, kepentingan artistik Oehlen dan asosiasi yang beragam, dan termasuk musik dan lukisan. Selama tahun 1980-an ia mulai menggabungkan unsur-unsur abstrak dan figuratif lukisan dalam karya-karyanya, sebagai bagian dari reaksi terhadap estetika Neo-ekspresionis yang berlaku dari waktu. Dia membentuk sebuah persahabatan dekat dengan seniman Jerman Martin Kippenberger, dan menjelang akhir dekade ia telah mendedikasikan dirinya sepenuhnya untuk lukisan abstrak. Pada awal dekade yang lalu, Oehlen mendirikan sebuah studio di menara dari tembok kota Segovia, di mana ia mulai bekerja pada gambar yang dihasilkan komputer. Karya Oehlen yang spasial menarik, di mana figurasi dan abstraksi bertabrakan, adalah pengingat yang kuat dari kekuatan kompleks yang terlibat dalam kebangkitan lukisan di bagian akhir dari abad sebelumnya.

Karya Lukis Abstrak Albert Oehlen Seniman asal Jerman







Sekilas tentang lukisan Albert Oehlen

Oehlen re-contextualises lukisan sebagai bidang diperluas. Karya-karyanya yang terbaru sering diproduksi melalui komputer yang dihasilkan desain, menggabungkan elemen collaged pencetakan fotografi dan ink-jet sebagai sarana untuk mengeksplorasi wilayah baru representasi dan penerimaan. DJ Techno menggabungkan lambang pop dengan Kandinsky seperti ekspresionisme untuk membuat gambar dengan efek synaesthetic, mengacu pada sensasi selain visual.

Albert Oehlen lahir di Krefeld, Jerman pada tahun 1954. Dia menghadiri Hochschule für Bildende Kunste di Hamburg, di mana dia belajar dibawah Sigmar Polke sampai 1981. Selama tahap awal karirnya, kepentingan artistik Oehlen dan asosiasi yang beragam, dan termasuk musik dan lukisan. Selama tahun 1980-an ia mulai menggabungkan unsur-unsur abstrak dan figuratif lukisan dalam karya-karyanya, sebagai bagian dari reaksi terhadap estetika Neo-ekspresionis yang berlaku dari waktu. Dia membentuk sebuah persahabatan dekat dengan seniman Jerman Martin Kippenberger, dan menjelang akhir dekade ia telah mendedikasikan dirinya sepenuhnya untuk lukisan abstrak. Pada awal dekade yang lalu, Oehlen mendirikan sebuah studio di menara dari tembok kota Segovia, di mana ia mulai bekerja pada gambar yang dihasilkan komputer. Karya Oehlen yang spasial menarik, di mana figurasi dan abstraksi bertabrakan, adalah pengingat yang kuat dari kekuatan kompleks yang terlibat dalam kebangkitan lukisan di bagian akhir dari abad sebelumnya

Karya Lukis Seniman Barat Albert Oehlen asal Jerman



Add caption




Albert Oehlen lahir pada tahun 1954 di Krefeld, Jerman dan belajar di Hochschule für Kunst Bildende. Dari 2000-09 ia adalah seorang profesor lukisan di Kunstakademie, Düsseldorf. Pameran tunggal baru termasuk Musée d'Art Moderne et Contemporain de Strasbourg (2002), "Saya tahu siapa Anda menunjukkan musim panas lalu," Museum of Contemporary Art, Miami (2005); "realite abstraite," Musée d'art moderne de la ville de Paris (2009); "Albert Oehlen-Werke aus der Sammlung," Räume für Kunst (2010), dan Carré d'Art-Musée d'art contemporain de Nimes (2011).

Karya Seni Lukis Albert Oehlen Pelukis dan Seniman Krefeld Jerman

Karya Seni Lukis Albert Oehlen Pelukis dan Seniman Krefeld Jerman

Karya Seni Lukis Albert Oehlen Pelukis dan Seniman Krefeld Jerman

Karya Seni Lukis Albert Oehlen Pelukis dan Seniman Krefeld Jerman

Karya Seni Lukis Albert Oehlen Pelukis dan Seniman Krefeld Jerman
Karya Seni Lukis Albert Oehlen Pelukis dan Seniman Krefeld Jerman
Albert Oehlen lahir pada tahun 1954 di Krefeld, Jerman dan belajar di Hochschule für Kunst Bildende. Dari 2000-09 ia adalah seorang profesor lukisan di Kunstakademie, Düsseldorf. Pameran tunggal baru termasuk Musée d'Art Moderne et Contemporain de Strasbourg (2002), "Saya tahu siapa Anda menunjukkan musim panas lalu," Museum of Contemporary Art, Miami (2005); "realite abstraite," Musée d'art moderne de la ville de Paris (2009); "Albert Oehlen-Werke aus der Sammlung," Räume für Kunst (2010), dan Carré d'Art-Musée d'art contemporain de Nimes (2011).

Rabu, 22 Januari 2014

Kumpulan Karya Seni Lukis Adam Lister Seniman Dunia